analisa jabatan
analisa jabatan diartikan sebagai proses pengumpulan informasi tentang semua hal yang berhubungan dengan pelaksanaan suatu pekerjaan. Analisa jabatan yang sering disebut dengan Anjab memegang peranan
penting dalam mengelola tenaga kerja serta menciptakan suasana dan iklim kerja yang
kondusif untuk mendukung keberhasilan organisasi atau perusahaan. Analisa
jabatan (job analysis) berhubungan
dengan proses untuk mendapatkan informasi yang mendetail mengenai pekerjaan. contoh blanko analisa jabatan dapat dilihat pada lampiran dibawah ini :
URAIAN PEKERJAAN
A.
Identitas
Jabatan
Nama Jabatan :................................................................................................................
Departemen :................................................................................................................
Lokasi kerja :................................................................................................................
Status :................................................................................................................
Atasan langsung :................................................................................................................
Bawahan Langsung :................................................................................................................
B.
Ringkasan
Tugas Jabatan
C.
Rincian
Tugas Jabatan/ Kegiatan
1.
..............................................................................................................................................
2.
.
3.
.
4.
.
5.
.
*tugas pokok, penunjang dan tambahan
D.
Wewenang
1.
...............................................................................................................................................
2.
...............................................................................................................................................
3.
...............................................................................................................................................
4.
...............................................................................................................................................
E.
Tanggungjawab
1.
...............................................................................................................................................
2.
...............................................................................................................................................
3.
.............................................................................................................................................. ..
4.
...............................................................................................................................................
5.
...............................................................................................................................................
F.
Hubungan
Kerja Jabatan
Internal :.........................................................................................................................
Eksternal :.........................................................................................................................
G.
Syarat
Jabatan
1
Pangkat / Golongan Ruang :
2
Pendidikan :
3
Kursus/Diklat :
a. Penjenjangan :
b. Teknis :
4
Pengalaman kerja :
5
Keahlian :
6
Keterampilan :
7
Upaya Jasmani :
8
Syarat Kondisi Fisik :
9
Temperamen Kerja yang perlu dimiliki :
10
Minat Kerja yang perlu dimiliki :
11
Fungsi Pekerja :
12
Kompetensi
yang harus dimiliki
a.
Kemampuan
komunikasi :...................................................................................
b.
Kemampuan
supervisi :...................................................................................
c.
Kmpuan
mengambil keptsn :...................................................................................
d.
Kmpuan
menyelesaikn mslh :...................................................................................
e.
Daya
tahan kerja :...................................................................................
NO
|
HASIL
KERJA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
BAHAN KERJA
NO
|
BAHAN KERJA
|
PENGGUNAAN DALAM TUGAS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J.
PERANGKAT/ ALAT KERJA
NO
|
PERANGKAT/ ALAT KERJA
|
DIGUNAKAN UNTUK TUGAS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K.
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
NO
|
ASPEK
|
FAKTOR
|
1.
|
Tempatkerja
|
|
2.
|
Sirkulasiudara
|
|
3.
|
Sinar/
cahaya
|
|
4.
|
Kebersihan
|
|
5.
|
Suara
|
|
6.
|
Ruangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
L. RESIKO
BAHAYA
NO
|
NAMA PENYAKIT/ JENIS KECELAKAAN
FISIK
|
PENYEBAB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M. KUALIFIKASI
PEGAWAI
a.
Nama Pegawai
:
b. Tanggal lahir :
c. Tahun Pengangkatan Menjadi CPNS :
d.
Tahun Pensiun :
e.
Pendidikan terakhir
:
f.
Diklat yang pernah diikuti :
g. Pengalaman dalam Jabatan Sebelumnya :
h. Keahlian yang dimiliki saat ini :
i. Ketrampilan yang dimiliki saat ini :
N.
PRESTASI KERJA YANG DIHARAPKAN
NO
|
HASIL KERJA
|
JUMLAH SATUAN
|
WAKTU YANG DIPERLUKAN
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O.
BUTIR INFORMASI LAIN :
......................................................................
Jakarta, ……….
Mengetahui Atasan Langsung Yang membuat,
(............................................................)
(.......................................................)
Komentar